Minggu, 06 Mei 2012

Uang Vs Peluang


Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika membaca judul artikel ini? Mungkin beberapa dari Anda langsung menjawab Uang, dan ada juga yang akan menjawab Peluang. Tenang - tenang, saya akan bahas mengenai hal ini berdasarkan referensi buku Unlimited Wealth, Bong Chandra (Motivator termuda no. 1 di Asia) yang notabene adalah salah satu Key Speaker dalam acara "Student Entrepreneur". Let's Start!!

Kita bahas uang terlebih dahulu, banyak orang yang pergi lebih pagi dan pulang lebih larut untuk mendapatkan uang yang lebih banyak. Pernahkah Anda perhatikan beberapa pilihan hidup seseorang dalam mencari uang? Ada yang memilih untuk bekerja sebagai kuli bangunan yang perharinya Ia bisa mendapatkan 45 ribu rupiah, ada juga yang memilih untuk menjadi seorang bos yang dalam satu jam nya dihargai 100 ribu rupiah. Bahkan ada yang memilih untuk menipu, merampok untuk mendapatkan uang. Memang menarik jika kita perhatikan kecenderungan manusia dalam menyikapi uang. 

Uang memang penting sebagai alat bantu dalam hidup kita, saking pentingnya uang dalam hidup kita, beberapa dari kita bahkan menjadikan uang dan "kaya cepat" adalah prioritas utama, tak ada yang salah memang dengan "kaya cepat" tapi jika hal ini jadi prioritas utama yang akan terjadi adalah fokus utama kita akan tertuju pada uang bukan peluang. Uang memang akan membuat kita kaya cepat, tapi belum tentu bertahan lama. Bong Chandra dalam bukunya mengatakan Jika ingin kaya dan bertahan lama, maka kejarlah peluang.

Kenapa bisa bertahan lama? Ya, karena peluang adalah sumber dari uang yang Anda dapatkan. Misalnya, ketika Anda mempunyai produk Outbond, dan Anda bertemu dengan salah satu top level perusahaan besar seperti Indosat, Anda bisa saja menjual produk Anda padanya dan bisa jadi Beliau berminat membeli, tapi hanya saat itu saja. Ya, ada kalanya kita tak harus langsung menjual produk kita. Ada kalanya kita tidak menjual tapi membuka peluang. kenalkan diri Anda sebagai fasilitator Outbond, tapi jangan langsung mencoba menjual, jalin hubungan baik dengan Beliau. Nah itu yang disebut menciptakan peluang.

Seperti halnya saya sering sekali menghadiri seminar - seminar, meskipun ada beberapa seminar serupa yang telah saya hadiri. Banyak juga rekan - rekan saya yang menganggap saya kurang kerjaan dan menghambur - hamburkan uang, tapi saya tetap melakukannya. Kenapa? karena dari seminar itu saya menciptakan peluang - peluang untuk menjual produk saya di kemudian hari. Setiap seminar saya selalu berpindah - pindah tempat duduk demi mendapatkan peluang sebanyak mungkin. Yang harus saya lakukan hanya mengenalkan diri saya dan memberikan kartunama saya. Mudahkan ^_^

Ciptakan peluang Anda sekarang, peluang akan membuat penjualan secara continue. Jadi mulai sekarang cobalah untuk lebih memprioritaskan peluang daripada sebuah uang (penjualan langsung). Karena peluang yang akan mengantar uang - uang itu pada Anda. Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana Anda menciptakan peluang? Dimana Anda bisa menemukan peluang? Apa modal Anda untuk menciptakan peluang? Banyak juga kan. Saya akan bahas itu dalam artikel selanjutnya. Silahkan ikuti terus twitter @stuper2012 untuk mengetahui update artikel terbaru dari blog ini.

Salam Entrepreneur!!
Student Entrepreneur
Gedung Wahana Bakti Pos 25 Mei 2012
Pentingnya Komunitas dalam Berbisnis
Info: 0821 218 68 638

Tidak ada komentar:

Posting Komentar